Pada hari Rabu tanggal 30 Agustus 2023 di SD Strada Cakung sekitar pukul 09.00 – 10.30 diadakan kegiatan Imunisasi Campak Rubella dan Imunisasi Kanker Serviks. Kegiatan ini merupakan program vaksinasi wajib yang diselenggarakan oleh pemerintah, dalam hal ini bekerjasama dengan puskesmas Jatiasih. Kegiatan ini sangat dibutuhkan oleh anak-anak sebagai upaya untuk menangkal berbagai penyakit yang muncul. Dari pihak puskesmas mengirimkan 5 tenaga kesehatan untuk membantu memberikan vaksin/imunisasi pada anak-anak SD Strada Cakung.

Imunisasi Campak Rubella di SD Strada Cakung diberikan untuk anak-anak kelas 1. Imunisasi Campak Rubella adalah upaya membangun kekebalan dan perlindungan tubuh dari penyakit campak dan rubella yang dapat berdampak fatal. Imunisasi Campak Rubella diberikan pada anak-anak usia 9 bulan sampai 15 tahun. Penyakit ini rentan menjangkiti dan menimbulkan infeksi serius pada bayi, anak-anak, orang dewasa, atau kalangan lansia yang belum pernah terinfeksi dan diberi Imunisasi Campak Rubella. Pemberian Imunisasi Campak Rubella bisa melindungi anak dari kecacatan dan kematian akibat pneumonia, diare, kerusakan otak, ketulian, kebutaan, dan penyakit jantung bawaan.

Imunisasi Kanker Serviks sering disebut Vaksin HPV atau human papillomavirus vaccine (HPV). Vaksin HPV di SD Strada Cakung diberikan kepada anak-anak perempuan kelas 5. Vaksin HPV adalah jenis vaksin yang dapat membantu melindungi individu dari infeksi HPV yang merupakan penyebab utama kanker serviks dan kanker penis. Vaksinasi HPV wajib ini diberikan setiap bulan Agustus secara gratis untuk mereka yang masuk sasaran kelompok vaksinasi wajib, yaitu anak usia 10–13 tahun atau anak kelas 5-6 SD. Untuk remaja usia 10–13 tahun, pemberian vaksin HPV atau vaksin kanker serviks adalah 2 dosis.

Kegiatan vaksinansi campak rubella dan HPV dapat berjalan dengan baik berkat dukungan orangtua yang memperbolehkan anaknya untuk divaksin dan kerjasama yang baik dengan pihak puskesmas setempat yang dengan sigap memberikan vaksin kepada anak-anak. ( Anry Octava, S.Pd)

 

 

 

 

 

Sebarkan artikel ini