Pembelajaran Jarak Jauh di Perkumpulan Strada sudah berlangsung selama 3 minggu. Kegiatan ini bertujuan untuk memutus mata rantai perkembangan dan penyebaran virus corona yang sudah menjadi pandemi. Selama tiga minggu tersebut dilakukan oleh guru dan siswa untuk tetap melakukan kegiatan di rumah masing-masing. Kegiatan yang dilakukan dibuat dalam jadwal mingguan dan harian sehingga tetap dapat terkontrol ,jelas dan dapat dilakukan oleh siswa di rumah.

Prinsip dalam kegiatan PJJ ini antara lain adalah: keselamatan siswa dan seluruh warga sekolah,tugas tidak membebani anak dan orang tua, sederhana,dan semua anak mampu melaksanakan tugas tersebut. Selain itu kegiatan yang bersifat menyenangkan,memupuk tanggung jawab siswa dan kebersamaan seluruh anggota keluarga.Jenis-jenis kegiatan tersebut dirancang oleh para guru dan dipadukan antara kurikulum,pembelajaran tematik,kondisi siswa dan topik kekinian yang sedang terjadi.Sedangkan sumber belajar dapat berasal dari buku,informasi guru,lingkungan rumah,pengalaman siswa,orang tua,dan internet. Guru tidak hanya melulu memberi tugas untuk menyelesaikan meteri saja.Demikian pula para siswa,tidak hanya mencari nilai berupa angka saja, tetapi lebih pada nilai-nilai luhur yang lain seperti: tanggung jawab,kebersamaan, keselamatan, kesehatan dan kreatifitas.

Walaupun masih harus di rumah saja, para guru dan siswa tetap dapat melanjutkan dan menjalani kegiatan PJJ ini sukacita,saling mendukung dan menyadari bersama akan tujuan kegiatan ini. Berbagai perasaan seperti jenuh,bosan dan kerinduan akan kegiatan kembali normal lagi pasti ada,namun jika kita semua memahami akan tujuan serta dampak yang akan terjadi, pasti kita semua akan dapat menikmati dan bersyukur bahwa kita masih diberi kesempatan untuk dapat melakukan semua kegiatan ini.

Dalam waktu singkat,guru harus menguasai pembelajaran secara online . Selama pembelajaran  ini, media yang digunakan oleh para guru yaitu:Google Clasroom, Google Form,Zoom Meeting,Video Call,youtube,pesan suara, dan WhatsApp. Banyak cara, berbagai tantangan dan kesulitan namun satu harapan dan tujuan kita yaitu:Semoga corona segera berlalu. Kita harus bisa memaknai peristiwa ini dengan hal-hal yang positif dan kembangkan ide-ide kreatif.Tetap semangat walaupun masih harus di rumah saja.

 

Sebarkan artikel ini